Terjual 120 Unit dan Juara Nasional, Alumni Teknik Mesin Universitas Malahayati Ciptakan Mesin Plantir Multiguna Teknologi Tepat Guna

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id) : Alumni Teknik Mesin Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun 2010, Aryanto, mengenalkan teknologi tepat guna bidang pertanian bernama mesin bajak roda satu multi guna atau dikenal dengan mesin plantir.

Teknologi tersebut berbeda dengan mesin plantir lainnya, karena bisa untuk perawatan tanaman, pasca tanam, hingga pengolahan tanah pra tanam.

Aryanto mengatakan, cara kerja mesin tersebut bekerja disela-sela tanaman untuk pasca tanam bertujuan pembersihan gulma secara mekanis, lalu penggemburan ulang tanah disela-sela tanaman.

“Fungsi lainnya, ini bisa dipakai untuk mengencerkan pupuk disela-sela pangkal tanaman. Lalu bisa juga melakukan penyemprotan, baik pupuk cair maupun membunuh hama, jadi ini multi guna,” kata Aryanto, Senin (12/6/2023).

Menurut Aryanto, inovasi tersebut belum pernah ada, karena ia mendesain berbeda dengan lainnya. Sebagai seorang ahli teknik, tiap inovasinya menggunakan perhitungan teknik baik keseimbangan, getaran, torsi, hingga rasio dengan biaya murah.

“Ini modifikasi dari mesin rancangan yang sudah di desainnya dan dirancang ulang, sehingga bisa menjadi sempurna dan tepat guna. Mesin ini sudah produksi 120 unit sejak tahun 2020 terbanyak di Medan dan Jawa Timur,” ujar Aryanto.

Sementara mesin tersebut, mulai Aryanto desain sejak 2013 dan 2018 masih proses koreksi yang diulang, hingga akhirnya bisa digunakan pertama kali saat ikut lomba inovasi di kabupaten tahun 2018 dan keluar juara pertama.

Bahkan mesin inovasinya itu, pernah dua kali ikut kejuaraan tingkat nasional dan berhasil juara pertama, yang diselenggarakan Kementerian Desa.

Untuk saat ini, warga Lampung Tengah itu sudah menyiapkan 12 item produk inovasi lainnya, dengan tujuan dan fungsinya bisa digunakan masyarakat pendukung UMKM, agar meningkat ekonominya.

Mesin inovasinya itu dijual dengan harga dimulai Rp7,5 juta untuk mesin standar 200 cc, sementara untuk mesin jenis Honda 160 cc sekitar Rp8,7 juta, harga tergantung mesin penggerak dan bergaransi tiga bulan.

Semua pekerjaan inovasi Aryanto sudah bersertifikat dan kualitasnya bisa dijamin. Untuk pembelian bisa langsung ke Aryanto di nomor WhatsApp 081369902854, nanti sistem pembelian bisa dipaketkan.

Aryanto berharap, dukungan Universitas Malahayati seperti dukungan teknis terbaru terus mengalir, karena dalam mengembangkan inovasi harus mengikuti pola zaman dan kebutuhan masyarakat. (451/**)

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

  1. […] (malahayati.ac.id): Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Malahayati (Unmal) akan menggelar acara Kampus […]

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *