Pengabdian Masyarakat, Universitas Malahayati Terapkan Teknologi Kesehatan berbasis Kesmas di Lapas Perempuan Kelas II A Bandar Lampung

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id) : Dosen dan mahasiswa Program Studi (prodi) Kesehatan Masyarakat paparan S1 dan S2 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas malahayati Bandar Lampung melaksanakan Pengabdian Masyarakat kepada 35 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A, Selasa (11/7/2023).

Kegiatan ini sebagai penerapan matakuliah Teknologi Tepat Guna (TTG).

Baca juga :  10 Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung di Masyarakat Kesehatan Universitas Malahayati

Pengabdian masyarakat dilakukan dalam tiga kegiatan, pembuatan teknologi sederhana ovitrap (perangkap nyamuk) sebagai upaya mengurangi kepadatan vektor nyamuk, pembuatan kompos aerob organik dengan penambahan activator EM4 guna mengurangi sampah di lingkugan sekitar yang dapat menyuburkan tanaman, dan pembuatan sabun dari lidah buaya sebagai antiseptik.

Koordinator kegiatan, Wayan Aryawati, SKM., M.Kes mengatakan, ketertarikannya bersama tim dalam memilih topik karena ingin memberikan edukasi dan pelatihan kepada WBP agar bisa membuat alat sederhana dan memanfaatkan barang bekas, serta belajar hidup bersih dan sehat di lingkungan Lapas tersebut.

“Kami berharap setelah penghuni lapas ini dapat membuat ovitrap, membuat kompos, dan sabun lidah buaya untuk meningkatkan potensi penghuni lapas,” ucap Wayan. (451/**)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *