Universitas Malahayati Gelar Wisuda ke-35 dan Beri Penghargaan 75 Mahasiswa Berprestasi

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar Wisuda Program Magister, Profesi, dan Sarjana Strata Satu, Periode ke 35 Tahun 2023 di Graha Bintang, Rabu (23/8/2023). Wisudawan terbaik diperoleh Sakinah Nurul Wijaya Program Studi Sarjana Akuntansi dengan IPK tertinggi 3.85 Predikat Dengan Pujian.

Wakil Rektor 1 Muhammad, S. Kom., MM dalam laporannya menyampaikan pada wisuda tahun ini terdapat 221 peserta terdiri dari 40 wisudawan dan 181 wisudawati. “Pada saat ini Universitas Malahayati telah meluluskan sarjana sebanyak 15.940 alumni, yang sudah tersebar dan terserap di Instansi Pemerintah dan swasta,” terangnya.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, atas nama civitas akademika Universitas Malahayati, Wakil Rektor 1 Muhammad, S. Kom., MM mengucapkan selamat kepada para wisudawan/Wisudawati dan orang tua beserta keluarga, atas keberhasilan putra dan putrinya dapat menyelesaikan studi pada Strata pendidikan masing-masing, Semoga ilmu yang didapatkan dapat menjadi bekal untuk meraih masa depan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Malahayati Dr. Achmad Farich, dr., M.M mendoakan para wisudawan/wisudawati mampu terus sukses tidak hanya saat kuliah, namun juga sukses setelah lulus dengan mampu beradaptasi dan berkompetisi di dunia kerja yang makin kompetitif.

“Ke depan tantangan bagi alumni semakin berat karena jumlah sarjana di Indonesia masih sangat sedikit, yaitu Indonesia menduduki peringkat ke 6 jumlah sarjananya di ASEAN, artinya ke depan alumni harus mampu untuk melakukan percepatan pembangunan dengan cara mengajak masyarakat untuk meningkatkan pendidikan,” ucapnya.

Selain itu Rektor Achmad Farich juga menjelaskan 10 program kegiatan yang telah dan sedang Universitas Malahayati laksanakan, diantaranya, Pertama, Universitas Malahayati konsisten menjaga mutu standar nasional pendidikan tinggi dari 24 standar minimal ditambahkan dengan 10 standar tambahan guna memastikan mutu dan arah proses pendidikan sejalan dengan visi misi yang ditetapkan. Kedua, Universitas Malahayati aktif mengikuti program MBKM, serta melakukan revisi kurikulum agar sesuai dengan MBKM. Dengan program ini harapannya mampu memberikan bekal lulusan agar memiliki kompetensi sesuai dengan permintaan pasar.

“Saat ini banyak mahasiswa yang mengikuti program MBKM nasional, seperti, Kampus mengajar, Magang, dan Pertukaran Mahasiswa. Bahkan banyak dosen Universitas Malahayati yang juga ikut gabung dalam program MBKM ini,” terang rektor.

Ketiga, Universitas Malahayati meningkatkan kualitas dosen pengajaran, dengan mengirimkan dosen untuk studi lanjut, Studi S3 baik di dalam ataupun di luar negeri. “Universitas Malahayati juga menfasilitasi dan membantu para dosen untuk memperoleh bantuan/beasiswa pendidikan dari berbagai pihak,” ujarnya.

Keempat, Universitas Malahayati menseleksi bibit unggul melalui program beasiswa. yaitu beasiswa anak yatim berprestasi, beasiswa yayasan, beasiswa hafiz Quran, dan beasiswa KIP

Kelima, Universitas Malahayati juga mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk terus berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik. Saat ini telah banyak mahasiswa Universitas Malahayati yang memperoleh prestasi di level nasional, bahkan beberapa hingga di level internasional.

Keenam, Universitas Malahayati terus memotivasi dosen menghasilkan luaran berkualitas, terutama luaran penelitian dan PkM di jurnal-jurnal terindeks serta luaran berupa teknologi tepat guna yang langsung bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas, seperti saat ini Unmal sedang fokus memanfaatkan daun kelor untuk sumber makanan dan obat dengan banyak manfaat.

Ketujuh, Universitas Malahayati berupaya meningkatkan pendapatan yang bukan berasal dari mahasiswa/SPP, misalnya mendorong perolehan hibah penelitian dan PkM dari berbagai pihak, mengembangkan berbagai usaha/kegiatan yang dapat menghasilkan pemasukan bagi kampus.

Kedelapan, Universitas Malahayati menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai instansi baik di dalam dan di luar negeri. Tidak hanya sebatas kerjasama, tapi telah banyak kegiatan yang lahir dari kerjasama tersebut, khususnya kegiatan-kegiatan yang mendukung terlaksananya tri dharma Perguruan tinggi.

Kesembilan, Universitas Malahayati membekali mahasiswa dengan wawasan internasional, terutama penguasaan bahasa asing melalui berbagai program dari balai bahasa Universitas Malahayati yang telah bekerjasama dengan Indonesian International Education Foundation dalam pelaksanaan ITP untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam menguasai bahasa Inggris dengan lebih baik lagi.

Kesepuluh, untuk mencapai visi religius, Universitas Malahayati tetap mempertahankan asrama sebagai komponen penting, karena dengan mahasiswa tinggal di asrama akan ada pembentukan karakter dan pembinaan agama serta pendidikan baca Quran, bagi yang muslim.

Dalam akhir sambutannya, Rektor Achmad Farich mengucapkan selamat kepada para orang tua dan keluarga, yang selama ini tidak henti-hentinya memberi dukungan kepada para alumni.

“Selamat berjuang para alumni, jadilah para intelektual yang mampu mencerahkan masyarakat, mampu memperkuat persatuan dan persatuan di bumi nusantara ini, doa kami selalu bersama kalian semua,” tutup rektor.

Acara wisuda dirangkai dengan pemberian penghargaan kepada 75 mahasiswa dengan 53 kategori yang sudah mengharumkan Universitas Malahayati, berprestasi di bidang non akademik baik di tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Hadir, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah Wilayah II Fansyuri Dwi Putra, S.E., M.Si.; Rektor Universitas Lampung (Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A.IPM.); Rektor Iki Jakarta Dr. dr. Dollar, Sp. KKLP, SH., MH., MM., FIHFAA, FRSPH; Direktur Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Lampung dr. Rachmawati, M.PH; Kepala TVRI Stasiun Lampung Herly Marjoni, S.Sos., M.M.

Hadir juga, Area Manager BSI Area Bandar Lampung Dede Irawan Hamzah; Ketua Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung diwakili oleh Sekretaris Umum Yayasan Alih Teknologi Bandar Lampung Tarmizi, SE., M.Ak; Anggota Senat, dan Guru Besar Farmakologi Universitas Malahayati Bandar Lampung Prof. dr. Taruna Ikrar, M.Biomed, Ph.D serta guru besar Prof. Dr. Sudjarwo, MS; Para Pejabat Dosen dan Karyawan Universitas Malahayati; Orang tua Wisudawan beserta keluarga, hadirin dan undangan Serta Wisudawan yang berbahagia.(451/**)

1 reply

    Trackbacks & Pingbacks

    1. […] Bagian Umum saat hadir mewakili ketua LLDikti Wilayah II mengucapkan selamat kepada 221 wisudawan Universitas Malahayati Bandar Lampung. Fansyuri mengatakan kepada wisudawan harus memiliki tekad yang kuat, serta memiliki […]

    Leave a Reply

    Want to join the discussion?
    Feel free to contribute!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *