Universitas Malahayati Bandar Lampung Gelar Workshop Menulis Artikel Sesuai Template Jurnal Internasional (SINTA 3)

Bandar Lampung (malahayati.ac.id):  Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar workshop menulis artikel yang sesuai dengan template jurnal, Kamis (24/8/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi syarat publikasi di jurnal internasional dengan peringkat SINTA 3 diadakan secara daring.

Kegiatan ini diikuti sejumlah besar dosen dan mahasiswa Universitas Malahayati yang berminat mengembangkan publikasi ilmiah mereka. Workshop dibagi menjadi dua sesi dipandu langsung Teguh Pribadi, Ners., M.Sc., selaku Penanggung jawab Jurnal Universitas Malahayati.

Sesi pertama dimulai 9.00-10.00 WIB, sementara sesi kedua dijadwalkan pada 13.00-14.00 WIB. Teguh Pribadi dalam workshop ini memberikan penjelasan mendalam mengenai strategi penulisan yang efektif, termasuk pentingnya membuat judul artikel yang spesifik dan ringkas guna menghindari panjangnya judul yang tidak perlu.

Salah satu poin penting yang diungkapkan Teguh adalah bahwa penulisan judul artikel harus menghindari detail yang sebetulnya bisa dimasukkan ke dalam bagian metodologi. Sebagai contoh, istilah-istilah tertentu atau nama tempat tidak perlu dicantumkan dalam judul, melainkan akan dijelaskan secara lebih rinci di bagian metodologi artikel tersebut.

Selain itu, Teguh Pribadi juga memberikan arahan agar para dosen dan mahasiswa yang akan menulis jurnal menghindari pengulangan kata atau kalimat yang sama di berbagai bagian artikel. Ia menegaskan pentingnya variasi dalam gaya penulisan untuk menjaga kualitas dan keterbacaan artikel.

Selain itu, Teguh juga menyarankan mencari referensi jurnal yang seimbang, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga dari referensi jurnal luar sebagai pembanding. Hal ini akan memberikan sudut pandang yang lebih luas dan mendalam dalam penulisan artikel ilmiah.

Workshop ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas publikasi ilmiah dari Universitas Malahayati, serta memperkuat posisinya dalam meraih peringkat SINTA 3 untuk publikasi jurnal internasional. (451/**)

 

1 reply

    Trackbacks & Pingbacks

    1. […] Lampung (malahayati.ac.id): Lima Dosen Universitas Malahayati Bandar Lampung berada di posisi teratas diantara 300 dosen Universitas Malahayati yang tercatat […]

    Leave a Reply

    Want to join the discussion?
    Feel free to contribute!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *