Inovasi Dosen Universitas Malahayati Ciptakan Sabun Mandi Berbahan Eucalyptus, ini Manfaatnya

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Dosen Universitas Malahayati Bandar Lampung dipimpin Dwi Marlina Syukri, S.Si., M.BSc., PhD., mengeksplorasi Eucalyptus pellita menjadi bahan pembuatan sabun mandi.

Eucalyptus pellita merupakan salah satu varietas Eucalyptus yang melimpah di Lampung, Indonesia.

Tim peneliti telah mengungkapkan potensi luar biasa dari sabun mandi Eucalyptus dalam merawat kulit dan melindunginya dari bahaya bakteri.

Dwi Marlina Syukri mengatakan, sabun mandi Eucalyptus ini tidak hanya berfungsi sebagai pembersih kulit yang efektif, menghilangkan kotoran, keringat, dan sebum, tetapi juga memiliki kemampuan untuk melawan bakteri yang berada di permukaan kulit.

Baca juga : Inovasi Dosen Universitas Malahayati Ubah Kulit Pisang Jadi Kerupuk Kulipang, Ini Manfaatnya

Ini terjadi berkat senyawa bioaktif yang ditemukan dalam tanaman Eucalyptus, seperti flavonoid, tannin, dan alkaloid.

Penelitian ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji antibakteri dengan menggunakan bakteri Staphylococcus aureus, di mana sabun mandi Eucalyptus menunjukkan perbedaan signifikan dibandingkan dengan sabun biasa tanpa Eucalyptus. Selain itu, sabun mandi ini juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

“Sabun mandi Eucalyptus ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk merawat kulit tubuh dan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap bakteri berbahaya,” ungkap Dwi.

Dengan berlimpahnya Eucalyptus pellita di Lampung, sabun mandi Eucalyptus memiliki potensi untuk menjadi produk perawatan kulit yang inovatif dan ramah lingkungan.

Selain Dwi Marlina Syukri, S.Si., M.BSc., PhD., anggota tim penelitian lainnya adalah Dr. Dr. Mala Kurniati, S.Si., M.Biomed, Dr. Tessa Sjahriani, dr. M.kes, serta mahasiswa FK, Riski Puspita Sari, Ratna Kirani, Niken Ira Herlianti, Nita Shafia Istiana, dan Syifa Palmita. (451/**)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *