Universitas Malahayati Bandar Lampung Terapkan Pengelolaan Akademik Lewat Digital

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung memasuki era digital dengan langkah konkret dalam pengelolaan akademik. Sebelumnya, banyak proses dilakukan secara manual, namun kini universitas tersebut beralih secara bertahap ke sistem digital.

Rapat koordinasi yang dilakukan Rektor Universitas Malahayati, Dr. Achmad Farich, dr., M.M., bersama seluruh Dekan, Kaprodi, dan dosen pada Rabu (10/1/2023), menjadi fokus penting membahas migrasi perangkat akademik. Salah satu poin utama yang diangkat adalah terkait migrasi absensi mahasiswa dari manual ke digital, yang dijadwalkan akan dimulai pada semester genap TA 2023/2024.

Dalam sambutannya, Rektor Achmad Farich menyatakan bahwa sebagian besar sistem yang telah dibangun saat ini sudah berbasis digital. Selain absensi mahasiswa, dosen juga dapat menginput nilai secara digital, untuk menghasilkan efisiensi dan akurasi dalam administrasi akademik.

Baca juga : Kabiro BAA Universitas Malahayati Ingatkan Mahasiswa Input KRS Genap Tahun 2023/2024 Tepat Waktu

“Inovasi pemanfaatan teknologi digital di lingkungan Universitas Malahayati terus digalakan, bertujuan untuk mengoptimalkan roda organisasi perguruan tinggi agar berjalan secara cepat dan efisien,” ungkap Rektor.

Dr. Dessy Hermawan, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Internal (LPMI) Universitas Malahayati, menjelaskan bahwa standar mutu mencakup berbagai komponen, seperti pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, pengelolaan organisasi, kemahasiswaan, sumber daya manusia, sarana prasarana, kerjasama, keuangan, dan kesejahteraan.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Dessy Hermawan menyoroti standar pendidikan, terutama terkait proses pembelajaran. Salah satu fokusnya adalah proses input KRS yang harus tepat waktu dan migrasi absensi mahasiswa menjadi digital. Rapat tersebut tidak hanya membahas perencanaan standar proses pembelajaran semester genap, tetapi juga menjadi evaluasi pelaksanaan akademik di semester ganjil sebelumnya.

Menyambut hal ini, Kepala Biro Bagian Akademik dan Administrasi, Tarmizi, SE., M. Akt., mengajak kaprodi dan pendamping akademik untuk menghimbau mahasiswa agar rutin mengakses website resmi universitas, malahayati.ac.id. Informasi terkait akademik, termasuk tata cara dan jadwal input KRS, telah diumumkan melalui portal tersebut.

“Sering-sering update lihat website malahayati.ac.id, semua pengumuman akademik diinfokan melalui portal malahayati.ac.id, yang terbaru terkait tata cara dan jadwal input KRS,” kata Tarmizi.

 

Editor: Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *