Rektor Universitas Malahayati Sambut Positif Kolaborasi Riset Kesehatan dengan Tim BRIN

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Dr. Achmad Farich, dr., MM, Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, menerima kunjungan dari Tim Pusat Riset Biomedis Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Lt.5 Universitas Malahayati Bandar Lampung, Senin (22/5/2024).

Kunjungan Tim BRIN bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan memperluas kolaborasi riset kesehatan dengan Universitas Malahayati.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusat Riset Biomedis Organisasi Riset Kesehatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Sunarno, M. Si.Med., menyatakan dorongan untuk melaksanakan kolaborasi riset antar institusi sebagai upaya meningkatkan kualitas riset di bidang kesehatan.

“Kolaborasi antar universitas, baik swasta maupun lembaga pemerintah, merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proposal-proposal kami,” katanya.

Prof. Sunarno menjelaskan bahwa BRIN memiliki 7 organisasi riset kesehatan, antara lain Pusat Riset Biomedis; Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis; Pusat Riset Kesehatan Masyarakat dan Gizi; Pusat Riset Bahan Baku Obat dan Obat Tradisional; Pusat Riset Vaksin dan Obat; Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman; dan Pusat Riset Veteriner.

“Pusat Riset Biomedis adalah salah satu yang masih cukup muda usianya,” ucap Prof. Sunarno.

Sunarno menambahkan bahwa pertemuan ini menjadi langkah penting dalam pertukaran informasi yang saling menguntungkan terkait penelitian.

Lebih lanjut, Prof. Sunarno menjelaskan bahwa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memiliki beberapa skema fasilitasi dan pendanaan riset dan inovasi, salah satunya adalah Fasilitasi Pusat Kolaborasi Riset (PKR) yang mampu mendukung riset secara berkelanjutan.

“Saat ini, kami telah menjalin kerjasama riset dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dalam penelitian mengenai Biofilm, terutama dalam konteks Kanker,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, kami berharap dapat menghasilkan proposal yang mampu menjadi titik awal kerjasama riset sebagai tindak lanjut dari pertemuan hari ini.

Rektor Universitas Malahayati mengapresiasi kehadiran Tim BRIN di kampusnya. Beliau menyatakan bahwa kegiatan ini tidak hanya memperkuat komunikasi antar institusi, tetapi juga membuka peluang untuk membangun kerjasama penelitian dalam bentuk riset bersama yang akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan.

“Dari segi usia, fakultas kedokteran sudah cukup matang. Namun, kami akan terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia fakultas kedokteran. Kami juga berencana untuk mengembangkan produk dan hasil riset dari fakultas kedokteran,” ucapnya.

“Tentunya, kami masih membutuhkan bimbingan dan arahan dari semua pihak, khususnya dari BRIN. Selama ini, kami telah melibatkan banyak personel dari BRIN dalam memberikan bimbingan kepada dosen fakultas kedokteran. Dengan peningkatan kerjasama riset bersama, kami yakin akan dapat mencapai hal-hal yang lebih baik,” tambahnya.

Rektor berharap agar ke depannya akan ada lebih banyak aksi dalam kegiatan penelitian, terutama dengan dukungan dari BRIN.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati, Dr. Toni Prasetia, dr., Sp.PD.,FINASIM, dalam sambutannya menyampaikan harapannya bahwa dengan kehadiran BRIN, fakultas ini akan mendapatkan wawasan dan pengalaman tambahan. “Fakultas Kedokteran saat ini memiliki akreditasi B, dan kami menargetkan untuk meraih predikat unggul di masa depan.”

“Kami sedang meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam berbagai bidang, terutama dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya peran BRIN, kami yakin fakultas ini dapat meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakatnya,” katanya.

Harapannya, kerjasama ini akan membuka peluang bagi para dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati untuk mendapatkan ilmu tambahan dari BRIN. “Ke depan, kami juga berupaya meningkatkan mutu pendidikan dengan mendirikan program S2 di bidang biomedis, bahkan kami berharap bisa mencapai tingkat S3. Saat ini, beberapa dosen kami telah lulus program S3 di bidang biomedis,” tambahnya.

Mendampingi rektor Universitas Malahayati, hadir Wakil Rektor I Dr. (Cand) Muhammad, S.Kom., MM., Wakil Rektor II Dr. Harmani Harun, SE, M.M., Wakil Rektor II, Dr. Eng Rina Febrina, ST.,M.T., Wakil Rektor 4 Universitas Malahayati, Suharman, Drs., M.Pd., M.Kes., Dekan Fakultas Kedokteran Dr. Toni Prasetia, dr., Sp.PD.,FINASIM., Wakil Dekan Kedokteran Neno Fitriyani H, dr., M.Kes., Kepala Program Studi Profesi Muhamad Ibnu Sina, dr., M.Ked (Neu)., Sp.N.

Juga hadir, Kepala Program Studi Kedokteran Tessa Sjahriani, dr., M.Kes., Sekretaris Program Studi Profesi Kedokteran Ade Utia Detty, dr., M.Kes., Sekretaris Program Studi Kedokteran Nita Sahara, dr., M.Kes., Sp. PA., Kepala MEU Yesi Nurmalasari, dr., M.Kes, dan Kepala Humas Emil Tanhar, S. Kom. Sementara yang mendampingi Kepala Pusat Riset Biomedis BRIN adalah dr. Fitriana, Sp. MK., dan Dr. Abdul Hadi Furqoni, S. Kep., M. Si. (*)

Editor: Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *