Universitas Malahayati dan Universitas Putra Malaysia Jalin Kerja Sama Internasional di Bidang Kedokteran

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Muhammad Kadafi, S.H., M.H., menerima kunjungan dari Universitas Putra Malaysia (UPM) di Ruang Pertemuan Universitas Malahayati, Selasa, 8 Oktober 2024.

Delegasi UPM yang hadir dalam kunjungan tersebut, Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Prof. Dr. Normala Ibrahim, didampingi Dr. Shaharuddin Mohd Sham dan Mdm Fadzlina Amir Shapuddin.

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama internasional antara kedua universitas dalam bidang penelitian, mobilitas mahasiswa, serta pertukaran dosen dan staf. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang mengusung tema “Empowering International Partnership on Improving Research Collaboration, Student Mobility, Lecturer and Staff Exchange to Implement World Class University for Preparing Medical Doctor Students for Global Challenges.”

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Malahayati, Dr. Muhammad Kadafi, menyampaikan bahwa hubungan dengan UPM telah terjalin erat sejak lama. “Universitas Putra Malaysia merupakan sahabat dekat Universitas Malahayati. Dengan kerja sama ini, kami berharap dapat saling mendukung dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kami juga berharap program mobilitas mahasiswa, pertukaran dosen, penelitian bersama, dan kegiatan lainnya dapat kembali berjalan normal,” ucapnya.

Rektor Kadafi menekankan pentingnya kolaborasi dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing global. “Kita akan maju bersama melalui kolaborasi ini, dan saya bersyukur atas sambutan baik yang selalu diberikan UPM kepada mahasiswa Universitas Malahayati,” tambahnya. Ia juga berharap, melalui program Kampus Merdeka, mahasiswa Indonesia dapat semakin berkiprah di kancah internasional.

Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Putra Malaysia (UPM), Prof. Dr. Normala Ibrahim, menyampaikan apresiasinya atas sambutan hangat yang diberikan Universitas Malahayati dalam kunjungan tersebut. “Saya selalu kagum dengan keramahan masyarakat Indonesia, dan Universitas Malahayati selalu memberikan sambutan yang luar biasa,” ujarnya.

Prof. Normala juga mengungkapkan bahwa kerja sama antara Universitas Putra Malaysia dan Universitas Malahayati telah berjalan selama 10 tahun. “Dalam 10 tahun ini, UPM telah mengalami tiga sampai empat kali pergantian dekan, dan saya merasa terhormat untuk melanjutkan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik ini. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kolaborasi di berbagai bidang ke depannya,” tambahnya.

Saat ini, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UPM memiliki 6 program studi, serta rumah sakit pendidikan RSUD Sultan Abdul Aziz Syah dengan kapasitas 400 kamar. Prof. Normala melihat adanya potensi besar untuk memperluas kerjasama dengan Universitas Malahayati, khususnya melalui program student mobility yang akan memberikan kesempatan bagi mahasiswa kedua universitas untuk saling belajar dan bertukar pengalaman di bidang kedokteran.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor 1 Universitas Malahayati, Dr. Dessy Hermawan, S.Kep., NS., M.Kes., bersama Wakil Rektor 2 Nirwanto, S.Pd., M.Kes., Wakil Rektor 3 Dr. Eng Rina Febrina, ST., M.T., dan Wakil Rektor 4 Suharman, Drs., M.Pd., M.Kes., turut hadir untuk membahas lebih lanjut agenda-agenda kerja sama ini.

Selain itu, turut hadir Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. Toni Prasetia, dr., Sp.PD., FINASIM, Wakil Dekan Kedokteran Neno Fitriyani H, dr., M.Kes., Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Lolita Sary, SKM., M.Kes., Kepala Program Studi Profesi Dokter M. Ibnu Sina, dr., M.Ked (Neu), Sp.N., Sekretaris Program Studi Profesi Dokter Ade Utia Detty, dr., M.Kes., Sekretaris Program Studi Kedokteran Nita Sahara, dr., M.Kes., Sp. PA., Kepala Kerjasama Luar Negeri Selamet Widodo, dan Kepala Humas dan Protokol Emil Tanhar, S.Kom.

Acara dilanjutkan dengan kuliah umum yang disampaikan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UPM, Prof. Dr. Normala Ibrahim. Kuliah umum ini dihadiri lebih dari 100 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati di Gedung Graha Bintang, Universitas Malahayati.

Dalam kuliah umumnya, Prof. Normala mengenalkan perjalanan berdirinya Universitas Putra Malaysia yang telah berusia 28 tahun, selain itu dirinya juga menyampaikan visi dan misi baik Universitas Malahayati Maupun Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UPM.

Selain itu, mereka juga akan melakukan kunjungan ke berbagai fasilitas dan sarana prasarana Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati baik, laboratorium, rumah sakit Pertamina Bintang Amin, serta perpustakaan Universitas Malahayati yang telah terakreditasi A. (*)

 

Editor : Asyihin