Dirjen Nakes RI Visitasi Pendirian Prodi Kedokteran Gigi Universitas Malahayati Bandar Lampung

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Achmad Farich, dr., M.M., menerima kunjungan penting dari Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI di Gedung Rektorat Lantai 5, Rabu (11/10/2023).

Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam meninjau persiapan pendirian Program Studi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan drg. Arianti Anaya, MKM, datang didampingi Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Dra. Oos Fatimah Rosyati, MKes, dan Direktur Pendayagunaan Tenaga Kesehatan, Anna Kuniati, SKM, MA., PhD. Mereka bertemu dengan Rektor Achmad Farich dan tim pendirian prodi kedokteran gigi.

Dalam sambutannya, Rektor Dr. Achmad Farich mengucapkan terimakasih atas kunjungan Dirjen Nakes dan berharap kunjungan ini akan memberikan arahan yang diperlukan untuk mempersiapkan pendirian Program Studi Kedokteran Gigi.

Dirjen Nakes drg. Arianti Anaya menggarisbawahi persyaratan, termasuk sarana prasarana dan jumlah dosen yang memadai untuk pendirian prodi tersebut.

drg. Arianti Anaya juga mendorong Universitas Malahayati untuk memiliki rumah sakit gigi dan mulut sebagai bagian dari kebutuhan mahasiswa yang akan menempuh pendidikan profesi gigi.

Direktur Penyediaan Tenaga Kesehatan Dra. Oos Fatimah Rosyati memberi masukan untuk lebih banyak menonjolkan keunggulan prodi sebagai nilai tambah penilaiannya.

Kegiatan ini mencakup presentasi dari Fakultas Kedokteran yang disampaikan oleh Dr. drg. Torry Duet Irianto, M. Kes, selaku ketua tim pendirian prodi kedokteran gigi. Ia memaparkan progres persiapan yang telah dan akan dilakukan, termasuk pembangunan laboratorium terpadu yang akan digunakan oleh mahasiswa prodi kedokteran gigi.

Kunjungan tersebut juga melibatkan peninjauan ruang dosen, laboratorium, ruang OSCE, ruang CBT, perpustakaan, dan ruang laboratorium prodi kedokteran gigi.

Kunjungan ini menjadi tonggak penting dalam rencana pendirian Program Studi Kedokteran Gigi di Universitas Malahayati.

Hadir dalam pertemuan, Wakil Rektor 1 Dr. (Cand) Muhammad, S. Kom., MM, Wakil Rektor 3 Dr Eng Rina Febrina, ST.,M.T, Wakil Rektor 4 Drs. Suharman, M.Pd, Dekan Fakultas Kedokteran, Toni Prasetia, dr., Sp.PD., FINASIM beserta wakil dekan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Lolita Sary, SKM.,M.Kes, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Kepala Biro Administrasi Akademik Tarmizi, S.E., M. Akt., Kepala Bagian Kerjasama Wahid Tri Wahyudi, Kepala Humas Universitas Malahayati Emil Tanhar, SE. (451/**)