Universitas Malahayati Hadiri Workshop Pengenalan Fraud dan Governance di Perguruan Tinggi

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati menghadiri workshop bertema “Pengenalan Jenis-Jenis Fraud dan Sanksinya serta Pengenalan Governance, Risk, and Compliance (GRC) di Perguruan Tinggi” di Sheraton Lampung Hotel, Senin, 21 Oktober 2024.

Workshop ini diselenggarakan oleh Satuan Pengendalian Internal (SPI) Universitas Lampung, bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan komitmen pemangku kepentingan dalam mengimplementasikan tata kelola, manajemen risiko, pengendalian internal, serta kepatuhan di lingkungan perguruan tinggi.

Mewakili Universitas Malahayati, hadir Dekan Fakultas Hukum Aditia Arief Firmanto, SH, MH., Kepala Humas Emil Tanhar, S. Kom., dan Kepala Kepegawaian Anik Setyarini, SE., M.Ak.

Mereka bergabung bersama perwakilan dari berbagai universitas lainnya untuk mendalami praktik-praktik pencegahan fraud dan pengelolaan risiko di institusi pendidikan tinggi.

Workshop ini menghadirkan narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) serta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jakarta.

Mustofa Kamal, S.E., M.S.Ak, CFA, CRMP, CHFI dari BPKP Jakarta menyampaikan materi terkait jenis-jenis fraud, contoh kasus di sektor pendidikan, serta sanksi yang dapat diberikan terhadap pelaku fraud.

Sementara itu, Dwi Amalia Sari, MBA, PhD, CFrA dari BPK Jakarta, membahas pengenalan konsep Governance, Risk, and Compliance (GRC) serta beberapa studi kasus penerapan GRC di Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU).

Acara ini dimoderatori Prof. Dr. Marselina, SE., M.P.M., PIA., CRP., yang menekankan pentingnya kolaborasi antara SPI dan manajemen universitas dalam menciptakan lingkungan akademis yang transparan dan akuntabel. (*)