Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bersama Puskesmas Hajimena Menyelenggarakan Screening PTM

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandarlampung menyelenggarakan Screening PTM (Penyakit Tidak Menular) diwilayah Kerja Puskesmas Hajimena, Lampung Selatan, selama satu bulan.

Kegiatan pengabdian masayarakat ini merupakan bentuk luaran mata kuliah Problem Based Learning 1 (PBL1) dengan Tema Screening PTM (Penyakit Tidak Menular) yang difokuskan pada penyakit Diabetes Melitus dan Hipertensi. Desa yang di lakukan screening adalah Desa Sidosari, Simbaringin, kampung baru. kegiatan screening dilakukan dari tanggal 03 -08 Juli 2023. Agenda kegiatan ini adalah penyuluhan Kesehatan, screening PTM, pengecekan gula darah, tensi darah, tinggi badan, berat badan, lingkar pinggang dan pengobatan, senam dan kegiatan lainya.

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa S1 kesehatan masyarakat semester 4 dan didampingi oleh dosen pembimbing yakni; Nova Muhani, MKM, Dina Dwi Nuryani, M.Kes, Nurul Aryastusi, MKM, dan pembimbing dari pihak puskesmas yakni; dr. Nessi selaku Ka.Puskesmas Hajimena,  Agung Aji Perdana M.Epid,  dan Pemegang program PTM PKM hajimena. Masyarakat yang berhasil dilakukan screening adalah sebanyak 153 orang yang hadir dimana hasilnya adalah ditemukan 51 orang menderita Hipertensi, 21 orang yang menderita Diabetes Melitus dimana Data yang didapatkan di analisis untuk melihat kebiasan masyarakat yang apakah berhubungan dengan penyakit Hipertensi dan Diabetes Melitus. (gil/humasmalahayatinews)