Universitas Malahayati Gelar Kuliah Umum dan Bazar Kewirausahaan: Membangun Jiwa Wirausaha di Era Digital

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Malahayati mengadakan acara Kuliah Umum dan Bazar Kewirausahaan di Malahayati Career Center, Kamis (11/1/2023).

Kuliah umum ini dihadiri oleh narasumber nasional, Kistiawan Bilal, S.E., M.A., seorang Entrepreneur yang diakui sebagai Bapak digital marketing Indonesia. Acara dibuka oleh Plt. Wakil Rektor 1, Dr. Eng Rina Febrina, ST.,M.T, yang mewakili Rektor Universitas Malahayati, Dr. Achmad Farich, dr., M.M.

Dalam sambutannya, Dr. Eng Rina Febrina menyampaikan harapannya bahwa peserta dapat menjelajahi dampak positif digital marketing dalam membentuk wirausaha yang sukses. “Saya yakin kuliah umum ini akan memberikan wawasan berharga tentang bagaimana menggabungkan kekuatan pemasaran digital dengan kewirausahaan untuk menciptakan peluang baru dan menghadapi tantangan dalam era digital ini,” katanya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Malahayati, Dr. Rahyono, S. Sos., M.M., juga memberikan arahan kepada peserta untuk mengikuti tahapan dengan baik dan mengambil intisari dari kegiatan tersebut sebagai bekal membangun jiwa wirausaha.

Nadia Tiara Putri, S.Si., M.B.A, selaku Ketua Pelaksana kegiatan, menjelaskan bahwa pemilihan tema ‘The Power of Digital Marketing on Entrepreneurship’ didasarkan pada konsentrasi baru dalam Program Studi Manajemen, yaitu konsentrasi kewirausahaan. Tema ini menciptakan koneksi khusus antara narasumber yang tidak hanya memberikan kuliah umum tetapi juga praktikum bagi teman-teman dari UMKM se-Indonesia, terkait pemanfaatan channel marketing yang sedang marak di Indonesia untuk mendorong penjualan produk-produk lokal.

“Acara ini menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan digital marketing sebagai hal utama, terutama di era di mana strategi penjualan tanpa digital marketing dianggap ketinggalan zaman,” ucapnya.

Mahasiswa, khususnya dari Universitas Malahayati, diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman dan tren, sehingga ketika muncul semangat menjadi wirausaha, mereka sudah siap bersaing di industri ini.

Selain kuliah umum, kegiatan ini juga melibatkan praktik ilmu, di mana peserta diminta untuk menjual produk inovatif yang belum ada di pasaran. Produk yang unik dan belum tersedia di pasar harus dipamerkan di bazar kewirausahaan, dan akan dinilai langsung. Kelompok terpilih akan diikutsertakan dalam seminar dan praktikum lebih lanjutan bersama Kistiawan, membantu mahasiswa manajemen untuk mengembangkan bakat dan keterampilan sebagai calon entrepreneur.

Tahap awal pembelajaran bersifat internal, dengan mahasiswa diminta untuk memiliki produk inovatif yang sudah dilengkapi dengan logo. Selanjutnya, mereka diminta untuk merancang bisnis plan sebagai dasar utama yang akan dikembangkan dalam praktikum. Kistiawan Bilal akan membimbing mereka dalam serangkaian praktikum yang mencakup aplikasi cara pemasaran digital dan aspek lainnya, menyempurnakan kemampuan mereka sebagai calon entrepreneur di dunia digital.

Editor : Asyihin

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *