Kaprodi Akuntansi Universitas Malahayati Bekali 250 Mahasiswa Baru tentang Jenjang Karir Lulusan

Bandar Lampung (lampungpro.co): Kepala Program Studi Akuntansi Universitas Malahayati Bandar Lampung, Muhammad Lutfi, SE., M. Si, bersama jajaran dosen akuntansi memperkenalkan profil program studi kepada 250 mahasiswa baru dalam rangkaian acara Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023, Jumat (29/9/2023).

Mereka mengungkapkan visi dan misi dari program studi Akuntansi. Visi prodi ini adalah untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar nasional dan regional pada tahun 2027.

Sementara itu, misi prodi mencakup penyelenggaraan pendidikan tinggi berkualitas dalam bidang ilmu akuntansi, penelitian dan pengembangan, pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu akuntansi, serta menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri.

Selain itu, mereka juga memaparkan profil lulusan, di mana lulusan S1 Akuntansi diharapkan dapat mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu akuntansi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Profesi yang dapat dijalani oleh lulusan termasuk menjadi akuntan, auditor, konsultan, dan lebih dari itu, mereka juga dapat menerapkan ilmu bisnis dan akuntansi dalam mendirikan usaha sendiri dengan mengembangkan produk atau jasa baru serta menciptakan pasar dan lapangan pekerjaan.

Dalam paparannya, mereka juga memaparkan sembilan pekerjaan menjanjikan bagi mahasiswa jurusan Akuntansi, termasuk menjadi akuntan publik yang bertugas menganalisa laporan keuangan secara independen, menjadi internal auditor yang memeriksa laporan keuangan perusahaan, menjadi perencana keuangan dengan mengambil sertifikasi Certified Financial Planner (CFP), serta peluang karier sebagai financial analyst dengan sertifikasi Chartered Financial Analyst (CFA).

Selain itu, lulusan Akuntansi juga memiliki peluang berkarier di instansi pemerintah seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau Bank Indonesia (BI) dengan gaji yang biasanya di atas rata-rata untuk fresh graduate. Pekerjaan lain yang tersedia adalah credit analyst yang dibutuhkan oleh industri perbankan atau pembiayaan.

Para mahasiswa Akuntansi juga dapat menjadi tenaga pendidik atau konsultan keuangan yang memberikan materi di dalam dan di luar kelas. Fleksibilitas lulusan ini juga memungkinkan mereka untuk menjalankan usaha sendiri dengan membuka bisnis baru berdasarkan pengetahuan bisnis dan akuntansi yang mereka peroleh selama kuliah. (451/**)