Prodi Teknik Mesin Universitas Malahayati Gelar Pengabdian Masyarakat di Pekon Padang Manis Tanggamus

TANGGAMUS (malahayati.ac.id): Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Malahayati melaksanakan pengabdian masyarakat di Pekon Padang Manis, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus, Selasa, 3 September 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengimplementasikan serta melakukan perawatan pompa sentrifugal guna mendukung pengairan lahan pertanian.

Tim dari Prodi Teknik Mesin disambut oleh Sekretaris Pekon, Arman Syah, yang juga merupakan Ketua Kelompok Tani setempat.

Dalam berbagai hal, Arman Syah menjelaskan bahwa petani di Pekon Padang Manis menghadapi kendala dalam pengairan lahan, meskipun pekon tersebut memiliki sumber air yang berlimpah.

“Pengairan menjadi tantangan utama bagi petani, terutama karena sumber air terletak di daerah yang lebih rendah dari lahan pertanian,” ujarnya.

Ketua Program Studi Teknik Mesin Universitas Malahayati, Tumpal Ojahan R., ST, MT, mengatakan pentingnya penerapan teknologi tepat guna di sektor pertanian.

“Kerja sama antara sejarawan dan kelompok tani sangat diperlukan untuk mengatasi masalah seperti alat perontok dan pemotong padi yang sering dikeluhkan,” kata Tumpal.

Dalam rangka memberikan solusi, Tim Prodi Teknik Mesin terdiri dari enam dosen yakni, Tumpal Ojahan R., ST, MT, Ir. Anang Ansyori, MT, R. Agung Efryo Hadi, Ph.D., Teuku Marjuni, ST, MT, Adi Prastyo, ST, MT, dan Beny Hartawan, ST, MT, menawarkan pemanfaatan pompa sentrifugal untuk mengalirkan air dari sumber yang lebih rendah menuju lahan persawahan. Pompa sentrifugal, yang menggunakan energi kinetik dari impeller untuk mengeluarkan air, menjadi solusi ideal dalam situasi ini.

Kegiatan ini juga meliputi pelatihan perawatan pompa sentrifugal, termasuk pada bagian motor induksi dan impeller, untuk memastikan pompa tetap berfungsi optimal dalam jangka panjang.(*)

Redaktur : Asyihin