Masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru Universitas Malahayati 2024 Dimulai

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Masa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Malahayati Bandar Lampung tahun akademik 2024-2025 resmi dimulai, Senin (23/09/2024).

Kegiatan ini berlangsung selama enam hari, hingga 28 September 2024, dan diikuti 1.731 mahasiswa baru. Ketua PKKMB 2024, Aditia Arief Firmanto, SH, MH, mengungkapkan bahwa kegiatan tahun ini mengusung tema “Menjadi Mahasiswa Unggul Berkarakter dan Berprestasi Menuju Indonesia Emas,” sebagai bentuk komitmen universitas dalam mencetak generasi berkualitas.

Acara PKKMB dilaksanakan di Gedung Graha Bintang dan area kampus Universitas Malahayati, dengan peserta dari berbagai program studi. Berdasarkan data registrasi panitia, mahasiswa baru terdiri dari berbagai jurusan, antara lain: D3 Analisis Farmasi dan Makanan (22 mahasiswa), D3 Kebidanan (7 mahasiswa), S1 Akuntansi (178 mahasiswa), S1 Farmasi (156 mahasiswa), Prodi Ilmu Hukum ( 150 mahasiswa), S1 Ilmu Keperawatan (83 mahasiswa).

Sedangkan, S1 Kebidanan (20 mahasiswa), S1 Kesehatan Masyarakat (236 mahasiswa), S1 Manajemen (224 mahasiswa), Pendidikan Dokter (129 mahasiswa), S1 Psikologi (114 mahasiswa), Teknik Industri (136 mahasiswa), S1 Teknik Lingkungan (102 mahasiswa). mahasiswa), S1 Teknik Mesin (78 mahasiswa), dan S1 Teknik Sipil (94 mahasiswa). Secara keseluruhan, peserta berjumlah 1.731, dengan 595 laki-laki dan 1.136 perempuan.

Aditia menjelaskan, berbagai materi penting akan disampaikan kepada mahasiswa baru selama PKKMB ini. “Beberapa materi yang akan disampaikan meliputi pengenalan sistem akademik, sistem pelayanan dan keuangan, kegiatan kemahasiswaan, organisasi mahasiswa, serta layanan mahasiswa. Selain itu, juga ada motivasi dan pelatihan karakter, materi bela negara, serta latihan kedisiplinan,” kata Aditia.

PKKMB tahun ini juga menghadirkan sumber daya dari berbagai instansi. Kami akan mendatangkan tamu dari Korem 043 Garuda Hitam untuk memberikan materi bela negara, serta dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Lampung yang akan membahas kampus sehat tanpa narkoba. Ada juga materi dari Kementerian Hukum dan HAM terkait isu perundungan dan bullying, serta dari Bank Mandiri dan DPR RI Komisi 10 bidang pendidikan yang akan membahas sistem pendidikan tinggi,” tambahnya.

Aditia juga berpesan kepada para siswa baru untuk mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. “Saya berpesan agar kalian mengikuti proses PKKMB ini dengan berproses dan progres, serta selalu beretika dalam setiap langkah,” tutupnya. (*)

Redaktur : Asyihin