PKKMB 2024, Mahasiswa Baru Universitas Malahayati Dibekali Informasi Kehumasan dan Kerjasama

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Malahayati 2024, mahasiswa baru mendapatkan pembekalan mengenai informasi kehumasan dan kerjasama, Senin, (23/09/2024).

Acara ini menghadirkan Kepala Bagian Kerjasama Wahid Tri Wahyudi, Kepala Humas Universitas Malahayati Emil Tanhar, SE, Kepala Kerjasama Internasional Universitas Malahayati, Selamet Widodo, serta Kepala UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati, Syafik Arisandi, S.S., M.Kes.

Dalam pemaparannya, Wahid Tri Wahyudi menekankan pentingnya kerjasama dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

“Walaupun kalian berasal dari berbagai daerah, suku, dan agama, saat ini kalian sudah menjadi bagian dari keluarga besar Universitas Malahayati. Bagian kerjasama kami bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, mengembangkan riset dan inovasi, serta memperkuat jaringan nasional dan global,” ungkap Wahid.

Wahid berharap mahasiswa baru bisa ikut berperan dalam mengangkat nama Universitas Malahayati ke tingkat nasional maupun internasional melalui prestasi akademik dan non-akademik.

Ia juga mengajak mahasiswa untuk memiliki wawasan yang luas, tidak hanya terbatas di dalam kampus. “Kalian harus memiliki pandangan yang luas, terutama dalam menghadapi prospek dunia kerja di masa depan,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa kuliah di Universitas Malahayati tidak hanya terbatas pada pembelajaran di dalam kelas, tetapi mahasiswa juga didorong untuk belajar di luar kelas melalui delapan jenis kegiatan seperti magang atau praktik industri, mengajar di sekolah, proyek desa, pertukaran pelajar, proyek kemanusiaan, wirausaha, studi atau proyek independen, hingga penelitian bersama.

Selain itu, Wahid juga memaparkan mengenai program ‘Merdeka Belajar’ yang memungkinkan mahasiswa Universitas Malahayati untuk mengikuti pertukaran mahasiswa di kampus-kampus nasional maupun internasional selama satu semester. “Kesempatan ini terbuka untuk semua mahasiswa, manfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wahid juga menyampaikan bahwa bagian humas berperan penting dalam mendukung kegiatan akademik dan non-akademik mahasiswa.

“Semua capaian prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik, akan dipromosikan dan dipublikasikan melalui media sosial dan website resmi Universitas Malahayati,” kata Wahid.

Dengan adanya dukungan dari Bagian Kerjasama dan Humas, diharapkan mahasiswa baru Universitas Malahayati dapat lebih percaya diri dan siap bersaing di dunia global, sekaligus mempromosikan prestasi mereka ke kancah yang lebih luas. (*)

Editor: Asyihin