Dirgahayu TNI, TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Menurut sejarah terbentuknya TNI dari masa ke masa, TKR sendiri merupakan perubahan nama dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang telah dibentuk sejak tanggal 22 Agustus 1945 silam. BKR inilah yang menjadi awal mula terbentuknya organisasi TNI setelah Indonesia merdeka.

Dikutip dari laman resmi Pusat Penerangan (Puspen) TNI dijelaskan bahwa TNI lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata. TNI bermula dari dibentuknya BKR.

BKR dibentuk pada 22 Agustus 1945 kemudian berubah nama menjadi TKR pada 5 Oktober 1945. Selanjutnya untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, diubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) pada 23 Januari 1946.

Organisasi TNI berlanjut mengalami perubahan menjadi Angkatan Bersenjata Republika Indonesia (ABRI) pada tahun 1962. Ini sebagai upaya menyatukan organisasi TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Namun pada 1 April 1999, organisasi ABRI dipisah, dan kembali menjadi TNI.

Digahayu TNI, 5 Oktober 1945
– 5 Oktober 2023. TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju. (gil/humasmalahayatinews)