Universitas Malahayati Gelar Monev Pasca Akreditasi Program Studi Kebidanan

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar acara Monitoring dan Evaluasi (Monev) pasca Akreditasi Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di gedung Rektorat, Kamis (4/7/2024).

Acara ini dibuka Wakil Rektor 1, Dr. (Can) Muhammad, S. Kom., M.M., menyampaikan bahwa acara tersebut bukan hanya rutinitas administratif, melainkan momen penting untuk evaluasi pencapaian dan penetapan langkah-langkah strategis ke depan.

“Akreditasi adalah cermin dari dedikasi dan kerja keras seluruh civitas akademik dalam memberikan pendidikan yang berkualitas,” ujar Dr. (Can) Muhammad.

Beliau menegaskan bahwa Monev ini merupakan tonggak penting dalam perjalanan akademik, tidak hanya menandai keberhasilan dalam memperoleh akreditasi, tetapi juga sebagai momentum refleksi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan di bidang kebidanan.

“Sebagai Wakil Rektor I, saya ingin mengucapkan apresiasi kepada seluruh tim yang terlibat dalam proses akreditasi ini. Kerja keras dan kolaborasi semuanya telah memastikan bahwa program studi kebidanan terus menjaga standar yang tinggi dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” lanjutnya.

Namun, hasil akreditasi ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari tantangan baru untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Evaluasi pasca akreditasi yang dilakukan akan memberikan pandangan jelas tentang area yang perlu diperbaiki serta potensi yang perlu dikembangkan lebih lanjut.

“Saya berharap kita dapat menjadikan acara ini sebagai wadah untuk membangun komitmen bersama dalam meningkatkan mutu dan kualitas program studi kebidanan, bukan sekadar sebagai alat administrasi semata,” tambah Dr. (Can) Muhammad.

Asesor Nesi Novita, S.SiT., M.Kes, yang juga dosen di Poltekkes Kemenkes Palembang, mengatakan kegiatan Monev ini untuk melihat apakah rekomendasi yang diberikan dua tahun lalu saat proses akreditasi telah dilaksanakan oleh Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan.

“Hal-hal yang sudah ditindaklanjuti ini adalah awal persiapan lebih lanjut untuk menghadapi proses akreditasi selanjutnya,” kata Nesi Novita.

Pada kesempatan itu, Kepala Program Studi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, Vida Wira Utami, SSt, Bdn., M.Kes, memaparkan semua capaian yang telah diraih selama dua tahun pasca akreditasi. Peningkatan dosen yang menerima hibah penelitian dan lengkapnya sarana prasarana maternitas menjadi salah satu poin utama. Selain itu, inovasi pengolahan daun kelor yang dikembangkan menjadi berbagai jenis makanan penambah gizi untuk ibu hamil dan balita juga turut disampaikan.

Kegiatan Monev digelar secara luring dan daring, dihadiri oleh Asesor Nesi Novita, S.SiT., M.Kes., Wakil Rektor 1 Dr. (Cand) Muhammad, S. Kom., M.M., Wakil Rektor III Dr.Eng. Rina Febrina, ST., M.T., Kepala LPMI Dr. Dessy Hermawan, S.Kep., Ns., M.Kes., Wakil LPMI Prima Dian Furqoni, S.Kep., Ns., M.Kes., Kepala LPPM Prof. Erna Listyaningsih, SE., M.Si., Ph.D., Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Lolita Sary, SKM., M.Kes, dan Kepala BPMI FIK. (*)

Editor: Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *