34 Lulusan Sarjana Kedokteran Universitas Malahayati Ikuti Yudisium

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Sebanyak 34 lulusan sarjana dokter Universitas Malahayati mengikuti yudisium Fakultas Kedokteran yang diadakan di gedung rektorat pada Kamis, 25 Juli 2024. Acara ini dihadiri oleh para lulusan, dosen, dan keluarga yang turut memberikan dukungan.

Wakil Dekan Kedokteran, Neno Fitriyani H, dr., M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan bahwa meraih gelar sarjana kedokteran membutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. “Ada yang melalui proses dengan lancar, namun tidak sedikit yang harus jatuh bangun,” ujarnya.

Neno juga menekankan bahwa setelah meraih gelar sarjana, para lulusan akan mengemban tanggung jawab yang besar. “Selain menyandang gelar dokter, artinya kalian sudah lebih dewasa dan siap menghadapi tanggung jawab yang lebih besar. Sebagai co-assisten, kalian akan berhadapan langsung dengan pasien, keluarga pasien, perawat, farmasi, dan laboratorium,” tambahnya.

Ia juga menitipkan pesan kepada para lulusan untuk selalu menjaga nama baik Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. “Jagalah sikap dan perilaku kalian,” pesannya.

Sementara itu, Wakil Rektor 4, Drs. Suharman, M.Pd., M.Kes., menjelaskan bahwa co-assisten adalah proses belajar lapangan untuk mempersiapkan diri menghadapi uji kompetensi. “Uji kompetensi ini bukan untuk mempersulit kalian, tapi sebagai sarana untuk mengukur apakah kalian layak menyandang profesi dokter,” jelas Suharman.

Setelah menyelesaikan masa co-assisten, para lulusan akan mengikuti uji kompetensi. Jika lulus, mereka akan melanjutkan ke tahapan sumpah dokter. Setelah itu, para dokter muda akan mengikuti program internship dari pemerintah selama satu tahun sebagai langkah awal dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.(*)

 

Editor: Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply