Dosen Pendamping Universitas Malahayati Temui Empat Camat di Tanggamus Pantau Persiapan KKL PPM

Bandar Lampung (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung melalui Panitia dan dosen pendamping lapangan program Kuliah Kerja Lapangan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKL PPM) mengunjungi empat kecamatan Kabupaten Tanggamus yang menjadi lokus kegiatan, Kamis, 1 Agustus 2024.

Kecamatan tersebut antara lain, Gisting, Sumberejo, Wonosobo, dan Semaka. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan persiapan kegiatan KKL PPM yang akan berlangsung pada tanggal 5 Agustus s/d 5 September 2024.

Dosen Pendamping Universitas Malahayati bersama jajaran kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus.MALAHAYATI.AC.ID/Emil Tanhar

Camat Semaka, Syafrizal, menyambut baik kunjungan tersebut. Ia menyampaikan apresiasinya atas inisiatif Universitas Malahayati dalam mengadakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Pimpinan dan jajaran Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus mengucapkan terima kasih atas silaturahmi ini. Ini menandakan sebuah komitmen yang konkret. Kami siap mendukung kegiatan mahasiswa Universitas Malahayati,” ujar Syafrizal.

 

Dosen Pendamping Universitas Malahayati bersama jajaran kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.MALAHAYATI.AC.ID/Emil Tanhar

Ia juga menekankan pentingnya sinergi antara pelajar dan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah, termasuk stunting, serta isu-isu topografi wilayah yang sering terjadi seperti longsor dan banjir, juga konflik manusia dan hewan seperti buaya dan gajah.

Syafrizal juga berbagi informasi mengenai kondisi sosial dan budaya Kecamatan Semaka, termasuk kegiatan tahunan seperti “Bersih-Bersih Pekon dan ruwat bumi” yang diadakan untuk melestarikan budaya setempat.

“Masyarakat Semaka sangat ramah lingkungan dan kompak. Kami berharap kedatangan mahasiswa Universitas Malahayati dapat memberikan kontribusi positif bagi daerah kami,” tambahnya.

Satria Wijaya, M.Pd selaku panitia bidang perijinan menyampaikan tujuan kunjungan tersebut untuk berkoordinasi terkait persiapan dan pelaksanaan KKL PPM Universitas Malahayati yang akan berlangsung dari 5 Agustus hingga 5 September 2024.

“Kami ingin memastikan semua persiapan berjalan lancar, termasuk kerjasama dengan pihak kecamatan dan penerimaan mahasiswa kami,” ujar Satria.

Selain itu, Satria juga menjelaskan mengenai rencana kegiatan mahasiswa selama KKL PPM, termasuk koordinasi dengan pihak kecamatan terkait tempat tinggal dan pengelompokan mahasiswa.

 

Dosen Pendamping Universitas Malahayati bersama jajaran kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus.MALAHAYATI.AC.ID/Emil Tanhar

“Kami juga berharap ada kerjasama yang baik dengan pihak kecamatan, terutama dalam hal penyediaan tempat tinggal dan fasilitas lainnya untuk mahasiswa kami,” tambahnya.

Kegiatan KKL PPM ini akan melibatkan mahasiswa dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat di empat pekon di Kecamatan Semaka yakni Pekon Kanoman, Sudimoro, Tugu Rejo, dan Garut.

“Kami yakin banyak hal yang bisa diperoleh mahasiswa dan banyak yang bisa dilakukan untuk pemberdayaan masyarakat di sini,” kata Satria.

Tim DPL berharap kunjungan ini dapat memperkuat koordinasi dan kerjasama antara Universitas Malahayati dan Kecamatan Semaka, sehingga kegiatan KKL PPM dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Hadir dalam kunjungan, Tim DPL Hardini Ariningrum, SE.,M.Ak.CFRS., Apip Alansori, SE,M.Ak.,CAPM., Panitia KKL PPM Satria Wijaya, M.Pd dan Muhammad Asyihin, S.Pd., MM., Camat Semaka Syafrizal, Ketua APDESI Kecamatan Semaka Abdul Karim, dan Kepala Pekon Kanoman, Sudimoro, Tugurejo, dan Garut. (*)

Redaktur : Asyihin

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply