Fakultas Hukum Universitas Malahayati Gelar Yudisium, Dorong Lulusan Jadi Lawtechnopreneur

Bandar Lampung (malahayati.ac.id) : Fakultas Hukum Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar Yudisium Program Studi S1 Ilmu Hukum di Gedung Pascasarjana Universitas Malahayati, Rabu, 21 Agustus 2024.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Malahayati, Aditia Arief Firmanto, SH, MH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa lulusan Fakultas Hukum kini memiliki peluang yang luas tidak hanya sebagai akademisi, advokat, atau profesi lain di bidang hukum, tetapi juga dapat meraih kesuksesan di dunia usaha. Ia mendorong para lulusan untuk optimis terhadap masa depan mereka, karena gelar sarjana hukum membuka berbagai peluang karier.

“Lulusan Sarjana Hukum harus mampu menjadi Lawtechnopreneur, di mana mereka memiliki pemahaman mendalam tentang hukum serta kemampuan untuk memanfaatkan teknologi dalam mengembangkan bisnis,” ungkap Aditia.

Aditia berharap lulusan Fakultas Hukum Universitas Malahayati dapat berperan dalam menciptakan dan mengelola bisnis di bidang teknologi, serta siap menghadapi tantangan hukum yang menyertainya.

“Banyak dosen kita yang selain akademisi juga seorang pengusaha, ada yang bergerak di bidang pariwisata, properti hingga hasil perkebunan seperti kopi. Oleh karena itu, bidang entrepreneur merupakan pilihan potensial yang bisa para lulusan geluti,” tambahnya.

Selain itu, Aditia menekankan upaya Fakultas Hukum dalam meningkatkan kapasitas pendidikan dosennya hingga ke jenjang doktor. Saat ini, Fakultas Hukum baru memiliki satu dosen bergelar doktor, namun pada tahun 2026, diharapkan jumlah tersebut akan bertambah sehingga memungkinkan Fakultas Hukum untuk membuka Program S2 Hukum.

“Syarat membuka prodi S2 Hukum adalah memiliki lima dosen bergelar doktor. Pada tahun 2026, jika tidak ada kendala, Fakultas akan menambah empat doktor lagi, sehingga ke depan bisa membuka prodi S2 Hukum,” jelasnya.

Menutup sambutannya, Aditia juga mengingatkan para lulusan untuk selalu menghormati dan menghargai jasa orang tua yang telah mendukung mereka hingga meraih gelar sarjana.

Sementara itu, Kepala Program Studi S1 Ilmu Hukum, Rissa Afni Martinouva, SH, MH, berpesan kepada para lulusan untuk menjaga nama baik almamater Universitas Malahayati dan terus menjalankan ibadah dengan baik.

“Jangan melupakan semua pendidikan yang diperoleh di Universitas Malahayati dan terus meningkatkan kemampuan sebagai lulusan prodi ilmu hukum sesuai slogan kita, yakni menjadi lulusan Lawtechnopreneur,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Asyihin