Implementasi Kerjasama, 269 Mahasiswa “Perawat KUAT” Universitas Malahayati Laksanakan Praktek Klinik Keperawatan di 15 Fasilitias Pelayanan Kesehatan

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Sebanyak 269 Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Malahayati Bandarlampung saat ini sedang melaksanakan kegiatan Praktek Klinik Keperawatan. Pelaksanaan kegiatan ini ada di 15 Fasilitas Pelayanan Kesehatan yaitu di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, RSUD Jiwa Provinsi Lampung, RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung, dan 12 Puskemas Rawat Inap yang berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung.

Kegiatan Praktek Klinik Keperawatan di 15 Fasilitas Pelayanan Kesehatan merupakan tindaklanjut kerjasama pimpinan Perguruan Tinggi Universitas Malahayati dengan Pimpinan RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, RSUD Jiwa Provinsi Lampung, RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung, dan Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung  dalam bidang tridharma perguruan tinggi, khususnya bidang pengajaran pada Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024.

Koordinator Praktek Klinik Keperawatan Program Studi Ilmu Keperawatan Rika Yulendasari, Ns., M.Kep saat dijumpai mengatakan bahwa, “Pengalaman belajar klinik dalam keperawatan merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran”.

Rika mengutarakan bahwa peserta didik sebelum menjalani praktik klinik keperawatan terlebih dahulu telah memperoleh bekal pengetahuan atau teori di kelas dan pernah mensimulasikan keterampilan di laboratorium. Persiapan sebelum pembelajaran tahap klinik meliputi persiapan kompetensi yang harus dicapai sesuai standar KKNI, persiapan tempat praktik sesuai kompetensi yang akan dicapai, persiapan mahasiswa yang meliputi fisik dan psikologis, persiapan alat bagi mahasiswa dan bagi pembelajaran di klinis, persiapan pembimbing yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan dan rasio jumlah mahasiswa dibanding jumlah pembimbing”.

Dalam kesempatan yang berbeda Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan dan Program Profesi Ners Unmal Aryanti Wardiyah, Ns., M.Kep., Sp.Kep.Mat menjelaskan tentang kegiatan praktek klinik keperawatan yang sedang dilaksanakan di 15 Fasilitas Pelayanan Kesehatan merupakan implemetasi dari kerjasama yang telah disepakati oleh Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pimpinan Fasyankes untuk mendukung terlaksananya tri dharma perguruan tinggi, khususnya bidang pengajaran. Kaprodi yang akrab di sapa Bu Ari menambahkan bahwa tujuan kegiatan Praktek Klinik Keperawatan adalah meningkatkan pemahaman peserta didik tentang ilmu pengetahuan dan masalah keperawatan, menumbuhkan dan membina sikap serta ketrampilan professional sebagai perawat., serta mengadakan adaptasi atau penyesuaian profesional di lingkungan di mana mereka kelak akan bekerja menjadi perawat-perawat yang KUAT (Kreatif, Unggul, Aktif, Terampil). (gil/humasmalahayatinews)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *