86 Dokter Muda Lulus Universitas Malahayati Bandar Lampung, Siap Sumpah Dokter

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Sebanyak 86 lulusan dokter muda Universitas Malahayati Bandar Lampung siap menghadapi babak baru dalam karier mereka setelah mengikuti kegiatan yudisium di Graha Bintang, Selasa (6/2/2024).

Dalam acara tersebut, Plt. Wakil Rektor 1, Dr. Eng Rina Febrina, ST.,M.T, yang mewakili Rektor Universitas Malahayati, mengungkapkan apresiasi yang mendalam terhadap pencapaian para lulusan.

Dalam sambutannya, Dr. Eng Rina Febrina, ST.,M.T mengapresiasi pencapaian para lulusan, karena memang tidak mudah untuk mencapai hingga sampai sejauh ini dan besok kalian akan di sumpah,” ujar Plt. Wakil Rektor 1.

Dia juga menekankan pentingnya melaksanakan tugas dengan dedikasi tinggi, bahkan jika ditempatkan di lingkungan kerja yang tidak sebesar rumah sakit tertentu.

“Ke depannya, di mana pun kalian ditugaskan atau ditempatkan, lakukanlah yang terbaik, meski tidak ditempatkan di rumah sakit yang besar,” tambahnya.

Sedangkan, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung menekankan pentingnya mempersiapkan diri pada acara sumpah dokter yang akan diadakan besok.

“Persiapkan diri kalian dengan baik untuk acara sumpah dokter,” pesannya.

Selain itu, Rektor Iki Jakarta, Dr. dr. Dollar, Sp. KKLP, SH., MH., MM., FIHFAA, FRSPH, memberikan pembekalan kepada seluruh lulusan dokter.

Dia menyoroti perubahan terbaru dalam undang-undang kesehatan yang memengaruhi praktik kedokteran.

“Pada undang-undang kesehatan terbaru, para dokter tidak hanya dapat mengurus rekomendasi dari satu organisasi kedokteran seperti IDI, tapi juga bisa mendapatkannya dari PDSI,” jelas Dr. dr. Dollar.

Lebih lanjut, Dr. dr. Dollar menyampaikan bahwa undang-undang terbaru memberikan kemudahan dalam membuka tempat praktek bagi para dokter.

“Untuk membuka tempat praktik dengan undang-undang yang baru saat ini tidak perlu lagi mendapat izin atau rekomendasi izin praktek dari organisasi profesi seperti IDI atau PDSI, cukup memiliki STR dan diajukan maka akan keluar Surat Izin Praktik (SIP),” ungkapnya.

Para lulusan juga diingatkan untuk selalu memperhatikan komunikasi sebagai soft skill yang sangat penting dalam karir kedokteran.

“Jangan takut tugas di daerah, modalnya adalah mulut kita, kalo komunikasinya baik pasti aman,” tegasnya.

Editor: Asyihin

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *