Hasil Penelitian Dosen Universitas Malahayati Raih Medali Emas di Ajang Southern Inventor Award 2024 Thailand

THAILAND (malahayati.ac.id): Dr. Dwi Marlina Syukri, dosen Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal), kembali mengharumkan nama Indonesia khususnya Provinsi Lampung dengan meraih medali emas dalam ajang Southern Inventor Award 2024, diselenggarakan di Thaksin University, Thailand, Selasa, 1-3 Agustus 2024.

Dalam kompetisi bergengsi ini, produk penelitian Dwi Marlina Syukri yang berjudul “Antibacterial Coated Silk Suture” berhasil mencuri perhatian para juri.

Kegiatan ini merupakan ajang inovasi yang diikuti berbagai peneliti dari seluruh dunia, dengan fokus pada penemuan-penemuan yang berkontribusi dalam bidang kesehatan dan teknologi.

Produk penelitian Dwi Marlina Syukri, yang sebelumnya telah dipublikasikan dalam bentuk paper ilmiah, menunjukkan kemampuan antibakterial yang signifikan melalui metode pelapisan benang sutera dan fungsionalisasi nilon.

Dua publikasi yang berkaitan dengan produk penelitian ini, yaitu ‘Antibacterial Coated Silk Suture’ dan ‘Antibacterial Functionalization of Nylon’

“Dalam kompetisi ini, tiga mahasiswa yang saya bimbing mewakili saya menyampaikan produk penelitian ini. Mereka adalah Pannatat Mannanee, Inarm Ekkakaraphiban, dan Peemphon Engchuan,” ucap Dwi Marlina Syukri.

Produk penelitian yang telah mendapatkan pengakuan internasional ini diharapkan dapat memberikan dampak besar dalam dunia medis, khususnya dalam pencegahan infeksi pasca-operasi.

“Produk saya tersebut terdaftar paten di Thailand dengan nomor 2003001900,” ujarnya. (*)

 

Editor: Asyihin