Universitas Malahayati Ikut Menyukseskan Event Tahunan MGMP Bahasa Inggris SMA Lampung Utara

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandarlampung mengutus tujuh orang yang terdiri dari tiga dosen, dua pengajar UPT Balai Bahasa dan dua orang karyawan PMB, dalam memenuhi undangan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris SMA Lampung Utara. Jumat (20/10/2023).

Dosen Universitas Malahayati yang hadir dalam acara tersebut yakni; Hamida Nur Rahmawati, M.Pd. dosen Bahasa Inggris Prodi S1 Manajemen, Muhammad Rudy, M.Pd. dosen Bahasa Inggris Prodi S1 Farmasi, dan Satria Wijaya, M.Pd. Dosen Bahasa Indonesia Prodi S1 Farmasi. Sedangkan dua pengajar UPT Balai Bahasa yang didelegasikan, yakni Desy Awal Mar’an, M.Pd. dan Gita Amelia, M.Pd. Kelima orang tersebut berperan menjadi juri perlombaan Bahasa Inggris tingkat SMA seperti Debate, News Casting, Speech, dan Story Telling.

Kegiatan ini menjadi wujud pengabdian masyarakat para dosen Universitas Malahayati dimana keahlian yang dimiliki bisa dirasakan manfaatnya bagi kalangan yang membutuhkan. Tim dari Universitas Malahayati bekerja selama satu hari penuh memberikan penilaian kepada peserta yang berkompetisi. Total peserta yang mengikuti perlombaan sebanyak 306 siswa-siswi yang berasal dari Kabupaten Lampung Utara, Lampung Barat, Liwa, dan Way Kanan. Acara yang dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M. itu sukses membawa SMA Negeri 3 Kotabumi sebagai juara umum..

Ketua MGMP Lampung Utara, Nuri Nuryani, M.Pd. sangat senang dan mengapresiasi kehadiran tim dari Universitas Malahayati di English Festival 2023. “Tim juri dari Universitas Malahayati ini bisa meningkatkan kualitas dari perlombaan yang diselenggarakan”.

“Tim ini memberikan penilaian yang objektif atau tidak memihak ke sisi manapun karena bukan dari wilayah yang sedang berkompetisi,” lanjutnya.

“Hal ini bisa memberikan dampak positif pula bagi kami untuk bertanding secara fair,” ungkap Nuri.

Support penuh yang diberikan Universitas Malahayati tidak hanya bertujuan untuk menyukseskan acara, melainkan sebagai wujud perjuangan bersama membangun kompetensi bahasa internasional bagi masyarakat Lampung secara umum. Hal ini senada dengan visi misi Universitas Malahayati menjadi kampus yang berwawasan internasional.

Muhammad Rudy, M.Pd. sebagai dosen sekaligus Kepala UPT Balai Bahasa Universitas Malahayati menambahkan bahwa kegiatan ini bisa memberikan edukasi kepada seluruh peserta tentang pentingnya Bahasa Inggris bagi perkembangan akademik dan karir. Oleh karena itu, ia juga mensosialisasikan berbagai program layanan UPT Balai Bahasa yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk peningkatan kompetensi, seperti TOEFL dan IELTS.

Kolaborasi yang saling menguatkan ini diharapakan bisa berlanjut ke tahap yang lebih serius. Ibu Nuri sadar akan kebutuhan peningkatan kapasitas guru berharap kedepannya ada kerjasama antara MGMP Lampung Utara dan Universitas Malahayati, khususnya UPT Balai Bahasa agar kualitas pengajaran dan wawasan pengajar bisa terus meningkat. UPT Balai Bahasa dengan layanan program yang lengkap bisa menjadi jembatan bagi para guru untuk menampilkan performa pengajaran berkualitas.

Sementara itu, tim PMB yang hadir dalam kegiatan ini, Eko Purwati dan Dijasmiadi, S.T., mendapatkan kesempatan memberikan edukasi ke masyarakat terutama siswa-siswi SMA yang hadir di lokasi. Lewat sosialisasi, tim PMB memberikan wawasan terkait alasan pentingnya melanjutkan ke jenjang S1 dan bagaimana menentukan jurusan yang sesuai minat dan bakat. Kehadiran stand PMB Universitas Malahayati di tengah stand bazar memberikan nuansa akademis yang baik di lingkungan sekolah penyelenggara acara. (gil/humasmalahayatinews)

1 reply

Trackbacks & Pingbacks

Comments are closed.