31 Mahasiswa Profesi Ners Unmal Antusias Memulai Stase Profesi Ners T.A. 2024/2025

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Sebanyak 31 mahasiswa Profesi Ners Universitas Malahayati T.A. 2024/2025 telah resmi memulai praktik profesi Ners di Rumah Sakit Jiwa Jiwa Daerah Provinsi Lampung. Acara penyerahan mahasiswa ini dipimpin oleh Sekretaris Prodi Profesi Ners Unmal, Eka Yudha Chrisanto, Ns., M.Kep didampingi oleh Tim Dosem Pembimbing Akademik Stase Jiwa Profesi Ners Unmal yaitu Rahma Elliya,S.Kp.,M.Kes , Triyoso, Ns.,M.Kes, Prima Dian Furqoni, Ns.,M.Kes, serta Rilyani,Ns.,M.Kes.

Mahasiswa diterima langsung oleh Kepala Diklat Rumah Sakit Jiwa Jiwa Daerah Provinsi Lampung, dr.Tendry Septa,Sp.KJ (K) didampingi oleh Kasie Keperawatan, Koordinator Diklat Keperawatan, serta Tim Dosem Pembimbing Klinik.

Dalam sambutannya dr. Tendry menyatakan kesiapan RSJ Daerah Provinsi Lampung dalam mendukung pembelajaran praktik profesi Ners di Rumah Sakit Jiwa Jiwa Daerah Provinsi Lampung. “Kami siap memberikan bimbingan dan fasilitas agar praktek ini berjalan lancar dan bermanfaat bagi para mahasiswa,” katanya.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Sekretaris Prodi Profesi Ners Universitas Malahayati, Eka Yudha Chrisanto, Ns., M.Kep yang menekankan pentingnya praktik ini sebagai kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di kampus.”Praktik ini adalah kesempatan emas untuk mengembangkan keterampilan keperawatan jiwa secara langsung di lapangan,” ujar Eka Yudha.

Selama tiga minggu ke depan, mahasiswa akan terlibat dalam berbagai kegiatan stase jiwa di Rumah Sakit Jiwa Jiwa Daerah Provinsi Lampung, termasuk asesmen pasien, perencanaan dan pelaksanaan asuhan keperawatan, serta evaluasi hasil asuhan. Mereka juga akan dibimbing langsung oleh perawat yang berpengalaman minimal 5 tahun dan dosen pembimbing yang berpengalaman di bidang ini.Acara penyerahan ditutup dengan doa bersama dan foto bersama, menandai dimulainya praktik profesi Ners di stase keperawatan jiwa.

Para mahasiswa tampak antusias dan siap memulai pengalaman baru mereka, dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif dalam pelayanan kesehatan jiwa di Rumah Sakit Jiwa Jiwa Daerah Provinsi Lampung. (gil)

Editor: Gilang Agusman