Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Malahayati Gelar Skrining Stress Berbasis Android Pada Anak yang Mengalami Bullying

BANDARLAMPUNG (malahayati.ac.id): Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandarlampung menyelenggarakan kegiatan Pemberdayaan Skrining Stress Berbasis Android pada Anak yang Mengalami kejadian bullying (Perundungan) di SMPIT Islamic School Baitul Jannah Bandar Lampung, Selasa(3/10/2023).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesehatan mitra dengan cara mengurangi angka kejadian stress melalui sosialisasi edukasi yang dilakukan oleh tim dosen pengusul dari bidang keilmuan keperawatan, kebidanan dan psikologi melalui aplikasi andoid yang ramah lingkungan karena bersifat paperless pada siswa yang mengalami stress akibat perilaku bullying atau perundungan.

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan skema pemberdayaan kemitraan masyarakat ini didanai DRTPM Ristekdikti tahun anggaran 2023. Hasil riset ini mempunyai berbagai nilai tambah diantaranya bukan hanya dapat meningkatkan kesehatan, tetapi juga dapat membuka wawasan siswa tentang bullying dan stress, serta secara psikologi dapat mengurangi tingkat stress karena siswa dapat mengontrol emosinya lebih baik lagi.

Eka Yudha Chrisanto, S.Kep.,Ns.,M.Kep., selaku ketua pengusul utama hibah, mengatakan Fenomena bullying di sekolah merupakan fenomena yang sudah tidak asing lagi, seperti memaki,  menampar, menebar gosip, mencibir,  memukul, mengancam, mengucilkan, dan lain sebagainya sudah sering terjadi di lingkungan sekolah.

“Jika tidak ditangani secara tepat maka dapat berpengaruh kepada kesehatan mental siswa dan dapat menurunkan prestasi siswa disekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut Eka Yudha mengungkapkan tujuan kegiatan ini untuk menscreening apakah siswa mengalami stress agar dapat dilakukan penanganan yang tepat sesuai dengan tingkat stress yang di alami.

Acara ini mengulas berbagai aspek, mulai dari sosialisasi pengunduhan aplikasi, pengisian kuesioner, penilaian hasil kuesioner, dan sesi diskusi mengenai cara penanganan stress dan bullying di sekolah.

Eka Yudha berharap, setelah kegiatan ini, peserta dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari dan di lingkungan sekolah.“Kami berharap kejadian perundungan atau bullying ini tidak terjadi di sekolah, sehingga siswa disekolah dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman

Kegiatan ini dihadiri sejumlah dosen Program Studi Ilmu Keperawatan dan juga melibatkan dosen perwakilan Kebidanan Universitas Malahayati yaituSusilawati SSiT, Bdn., M.Kes
dan dosen Psikologi Vira Sandayanti, S.Psi., M.Psi., Psikolog
serta perwakilan mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Malahayati Bandar Lampung. Turut memberikan materi penyuluhan adalah Lili Tobing S.sos selaku Kepala Sekolah. (gil/humasmalahayatinews)