Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan Universitas Malahayati Ubah Minyak Jelantah Jadi Lilin Aroma Terapi

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan, Universitas Malahayati Bandar Lampung memberika edukasi pembuatan lilin aroma terapi dari minyak jelantah kepada warga Pekon Kebumen, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (5/8/2023).

Kepala Prodi Teknik Lingkungan Universitas Malahayati, Natalina, S.T., M.Si, mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat yang melibatkan mahasiswa sebagai tim edukasi.

“Tujuannya memberi pengetahuan kepada warga Pekon Kebumen Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Tanggamus untuk memanfaatkan minyak goreng jelantah untuk menjadi lilin,” kata Natalina.

Natalina menuturkan, minyak jelantah adalah minyak yang telah digunakan lebih dari dua atau tiga kali penggorengan, dan dikategorikan sebagai limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) karena dapat merusak lingkungan dan dapat menimbulkan sejumlah penyakit.

“Dengan dibuat lilin aroma terapi, minyak jelantah ini selain dapat berguna untuk kesehatan juga jadi nilai tambah di bidang ernegi (penerangan_lilin) dan aroma terapi (pengharum ruangan),” jelasnya. (451/**)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *