Tiga Jurnal Universitas Malahayati Naik Peringkat pada SINTA

BANDARLAMPUNG (Malahayati.ac.id): Universitas Malahayati Bandar Lampung menambah satu Jurnal yakni Jurnal Hukum Malahayati yang terakreditasi secara nasional di basis data SINTA (Science and Technology Index). Jurnal Hukum Malahayati memperoleh Peringkat 5 dan berlaku sampai tahun 2025.

Selain itu, beberapa jurnal yang telah terakreditasi sebelumnya turut naik peringkat berdasarkan surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia nomor 79/E/KPT/2023.

Jurnal naik peringkat diantaranya, Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen dari peringkat 6 ke peringkat 5 sampai tahun 2027, Holistik Jurnal Kesehatan dari peringkat 4 ke peringkat 3 sampai tahun 2027 dan Malahayati International Journal of Nursing and Health Science dari peringkat 4 ke peringkat 3 sampai tahun 2026

Ketua Pengelola Jurnal Universitas Malahayati Teguh Pribadi, M. Sc mengatakan, Universitas Malahayati terus meningkatkan kualitas jurnal ilmiah dan terus mendorong untuk terakreditasi dan sistem jurnal SINTA (Science and Technology Index).

“Jurnal agar bisa lolos, harus punya ISSN dan nomor seri dari publikasi. Kemudian websitenya nanti akan disusun dengan rapih, setelah itu baru terbit ISSN. Setelah terbit dua tahun, baru bisa terakreditasi dan diterbitkan ke SINTA Indonesia,” kata Teguh.

SINTA merupakan sebuah sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses yang cepat dan mudah ke jurnal yang dipublikasikan oleh pendidikan tinggi dan institusi penelitian di Indonesia dan sekaligus mengukur tingkat performanya.

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya berusaha mendongkrak hasil-hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah untuk dipublikasikan secara global (internasional). Artikel ilmiah yang dapat diakses oleh pengguna internet di dunia merupakan sebuah aset negara yang sangat penting, karena tingkat peradaban sebuah negara saat ini yang dilihat adalah jumlah publikasinya. Makanya, kini setiap negara saling memperebutkan peringkat tertinggi dalam publikasi ilmiah. (451/**)

 

1 reply

    Trackbacks & Pingbacks

    1. […] Lampung (malahayati.ac.id):  Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar workshop menulis artikel yang sesuai dengan template jurnal, Kamis […]

    Leave a Reply

    Want to join the discussion?
    Feel free to contribute!

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *