Pengelola Jurnal Universitas Malahayati Gelar Workshop Tata Kelola OJS 3

BANDAR LAMPUNG (malahayati.ac.id): Pengelola jurnal Universitas Malahayati Bandar Lampung yang dipimpin Dr. Mala Kurniati, S. Si., M. Biomed, menggelar workshop tata kelola jurnal ilmiah berbasis open journal sistem (OJS) 3 di Gedung Rektorat Lantai 5, Rabu (29/11/2023).

Acara dibuka langsung Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung Dr. Achmad Farich, dr., M.M. Kegiatan ini selain digelar secara luring, juga secara hybrid diikuti seluruh dosen Universitas Malahayati.

Rektor Universitas Malahayati, Achmad Farich mengatakan, pihaknya mendorong para dosen untuk sebanyak mungkin menulis. “Saya berharap, kalau bisa semua jurnal di Universitas Malahayati dapat terakreditasi,” kata Rektor Achmad Farich.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Fajar Sandi Prawoco, sebagai Analis Data Publikasi Ilmiah Kemendikbudristek, yang menyampaikan materi tentang peningkatan akreditasi jurnal dan Itsar Bolo Rangka, S. Pd., M. Pd., dari Universitas Negeri Malang menyampaikan materi tentang Pengenalan Tata Kelola OJS 3.

Fajar Sandi Prawoco, SE, Analis Data Publikasi Ilmiah Kemendikbudristek menjelaskan, sementara untuk pemeringkatan jurnal lebih dilihat dari peringkat akreditasi dan yang kedua impactnya dari google scholar dua tahun terakhir.

“Saya cek di data, Universitas Malahayati sudah terakreditasi 11 jurnal, jika ada yang sudah terakreditasi namun belum tercatat di sistem, nanti kita sinkronkan bersama,” jelas Fajar Sandi Prawoco.

Persyaratan Akreditasi Jurnal Ilmiah diantaranya :
1. Memiliki nomor seri standar internasional elektronik (EISSN). Nama jumal harus sesuai dengan yang terdaftar di EISSN (issn.lipi.go.id)

2. Memiliki pengenal objek digital (Digital Object Identifier/DOI) di tiap artikel

3. Mencantumkan persyaratan etika publikasi (publication ethics statement) dalam laman jurnal. Jurnal ilmiah harus bersifat ilmiah, artinya memuat artikel yang secara nyata memajukan ilmu pengetahuan,

4. Teknologi dan seni yang didasarkan pada hasil penelitian, perekayasaan, dan/atau telaahan yang mengandung temuan dan/atau pemikiran yang orisinil serta tidak plagiat

5. Jumal ilmiah telah terbit paling sedikit 2 tahun berurutan, terhitung mundur mulai tanggal atau bulan pengajuan akreditasi.

6. Frekuensi penerbitan jurnal ilmiah paling sedikit 2 kali dalam satu tahun secara teratur.

7. Jumlah artikel setiap terbit sekurang-kurangnya 5 artikel.

8. Jurnal sudah terindeks di lembaga pengindeks nasional (451)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *